Contabo, VPS untuk Web Wallpaper

Web wallpaper / image based atau website yang berisi banyak gambar adalah website yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Hanya saja, website ini tidak ramah space / disk size. Itu karena web jenis wallpaper memerlukan banyak postingan. Banyak postingan ujung-ujungnya ngabisin space.

Coba kita hitung secara kasar (angka ini saya mark up).

Biasanya 1 web gambar diisi 2000 postingan. Satu postingnya berisi 15 gambar dan gambar nya high definition, taruhlah ukuran 1 gambar nya 400kb, maka kalo ada 15 = 6MB. Jumlah posting ada 2000 maka 2000 x 6 = 12000MB = 12GB. Untuk 1 buah web wallpaper perlu 12GB sedangkan kalo mau build web gambar, ga cukup dengan 1 domain. Minimal nya 10 domain, atau seenggaknya size nya memiliki disk size 120GB.

Ngebangun web wallpaper juga memerlukan spek hosting yang bagus. Kalo shared hosting not reccomended. Minimal nya adalah VPS. Kalo Anda pengguna plugin auto untuk build web wallpaper, maka VPS nya haruslah yang memenuhi syarat

  1. Harga terjangkau
  2. Disk nya harus besar > 100GB
  3. CPU nya > 1
  4. RAM nya > 4GB

Berdasarkan pengalaman saya, provider VPS yang memenuhi syarat itu semua adalah Contabo.


Contabo adalah provider VPS asal Jerman, yang sdh malang melintang di dunia server dari tahun 2009. Mereka menyediakan VPS dan Dedicated Server. VPS mereka menggunakan virtualisasi KVM. Kalo yang bingung apa itu KVM, intinya VPS nya menggunakan teknologi yang sdh maju (bukan VPS bo’ong2-an).

Menurut saya sendiri, VPS Contabo ini sangat memenuhi syarat untuk ngebangung web wallpaper / web image. Paket yang cocok adalah yang pure 100% SSD. Biar wusss. Minimal nya yang VPS M SSD, seharga EUR 8.99 atau +/- $10-an per bulan.

Coba kita bandingkan antara Contabo $10 dengan Digital Ocean $10 dan Vultr $10

Bisa diliat bahwa server nya Contabo lebih gahar. Kalo kita kembali di hitung2an kasar di atas, jika 1 web nya 12GB maka dengan server ini (paket VPS M SSD) bisa nampung 20 s.d. 25 web.

Jadi yang lagi cari-cari server silahkan daftar VPS Contabo.

2 thoughts on “Contabo, VPS untuk Web Wallpaper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.