Pengalaman Anak Saya Berobat ke Dokter Kulit di Cirebon

Mumpung masih anget, saya mau berbagi pengalaman anak saya berumur 2,5 thn yang melakukan pelayanan kesehatan ke dokter kulit di Cirebon.

Jadi ceritanya anak saya itu punya penyakit bisul, sudah hampir 2 minggu bisul berpindah-pindah tempat, awalnya ada di dagu, 3 hari kemudian pecah, trs muncul di leher (bawah dagu), muncul di leher kiri dan kanan (bawah telinga), terus muncul lagi di hidung dan terakhir ada di kening.

Beberapa hari lalu istri saya coba beli obat bisul ke apotik, sama petugas di kasih Nufacort, saya ngga tau apakah itu obat untuk bisul tapi menurut petugas apotiknya (yang keliatannya sih baru lulus SMK) katanya untuk itu.

Setelah pake obat itu bisul ngga hilang-hilang, akhirnya saya putuskan pergi ke dokter kulit.

FYI, kota terdekat saya adalah Cirebon, itu juga ditempuh dalam waktu 1 jam pake kendaraan. Saya pun mulai browsing di mana dokter kulit di Cirebon, terus nemu beberapa pilihan.

Pertama ada dokter kulit yang di Jl Kesambi di Apotik Azimat. Saya lupa namanya siapa ya, dr. Utomo kalo ga salah, beliau sudah senior banget. Saya pernah ke sana dan seinget saya hanya praktek hari Jumat (setelah Jumatan), itu juga ngantri nya lamaaaa banget.

Selain itu berdasarkan pengalaman saya, istri dan anggota keluarga yang lain, dokternya kurang begitu komunikatif tapi ngga pasif2 amat ya, kalo kita nanya baru dijelasin sama beliau.

Di ruang prakteknya banyak foto-foto beliau saat masih ditugaskan di TNI (keren lah dokternya).

Atas pertimbangan jadwal praktek dan lama ngantri di atas akhirnya saya browsing cari alternatif lain dan nemu dokter kulit di Rumah Sakit Putra Bahagia Cirebon. Namanya dr. Retno Satuti.

Saya nemu dokter itu dari situs resmi rumah sakit, trs saya liat di jadwal praktek dokter yang ada di sini http://www.rsputerabahagia.com/jadwal-dokter.html.

Untuk memastikan jadwal, saya telepon RS dan ternyata jadwal yang di situs belum update, jadi saran saya kalo akan ke sana, sebaiknya telepon dulu ke nomor resmi RS. Nomornya adalah (0231) 485654, 482581, 482596.

Saat saya telepon, petugas RS yang angkat telepon saya, orangnya ramah. Dia ngejelasin kalo dokternya praktek malem jam 7-8 malem.

Setelah dapet kepastian jadwal dari petugas RS tsb, jam setengah 6 sore, kami sekeluarga mulai start dari rumah pergi ke RS Putra Bahagia.

Skip..skip.. Saya sampe RS jam 6.45 terus ke bagian pendaftaran Rawat Jalan, karena ini baru pertama kali saya ke RS tsb, saya kasih KTP saya dan Kartu Asuransi anak saya, 5 menit kemudian proses pendaftaran selesai.

Anak saya kebagian antrian nomor 6 dan saya disuruh tunggu di ruang tunggu. Ruang tunggu anak di RS nya cukup enak, ada tempat bermain anak dilengkapi dengan TV berbayar yang menyiarkan acara kartun anak sehingga membuat anak saya cukup senang “menunggu” di tempat bermain itu.

Jam 7.15 perawat panggil nama anak saya. Saya bilang dalam hati kok cepet, oh mungkin antrian sebelum saya belum pada dateng. Lalu saya bergegas masuk ke ruang dokter.

Di sana sudah ada dr Retno. Dokternya sangat cantik dan kami disambut dengan ramah.

Saya jelaskan keluhan mengenai penyakit bisul anak saya, trs tiba-tiba dokter ngambil secarik kertas. Saya kira mau apa, ternyata dokternya ngejelasin dengan perantara kertas itu.

Beliau gambar grafik, gambar bulatan-bulatan untuk mempermudah komunikasi. Enak banget dijelasin sama beliau, dijelasin panjang lebar kenapa timbul penyakit, apa yang harus dilakukan, apa pencegahan agar ngga timbul penyakit itu lagi. Sabun apa yang bagus dll.

Pokoknya dokternya sangat aktif, kita tanya dikit, beliau ngejelasinnya panjang lebar. Hampir ada 10-15 menit-an saya di ruang dokter.

Ini sangat berbeda dengan beberapa dokter (umum/spesialis) di daerah saya yang hanya ngejelasin seperlunya dengan pertanyaan misalnya sakit apa, sudah berapa lama, nih obatnya (ga nyampe lima menit udah keluar).

Setelah mendapat penjelasan panjang lebar dan keluar dari ruangan, akhirnya saya nebus obat dan dikasih beberapa obat ada antibiotik dan obat olesnya. Mudah-mudahan anak saya cepet sembuh dari bisul.

Untuk biaya, abis sekitar 500rb (fuiiihh mahallnyaaa….) tapi ngga apa-apa toh semua dibayarin asuransi. Hehehe..

Jadi, kalo ada yang nyari dokter kulit di Cirebon, saya akan rekomendasikan dr. Retno Satuti dari RS Putra Bahagia.

UPDATE:
Beberapa minggu setelah saya bagi pengalaman saya ini, bisul anak saya sudah sembuh, hilang 100%.

40 thoughts on “Pengalaman Anak Saya Berobat ke Dokter Kulit di Cirebon

    • Setelah bisul di anak saya sembuh, ngga ada bekas tersisa. Maaf tidak bisa sebut nama perusahaan asuransi, tapi RS ini banyak sekali terima asuransi-asuransi yang ada di Indonesia. Minggu lalu saya ke dr. retno, ngga pake asuransi. Saya minta obat generik dan dikasih, saya cari info obat paten harga nya 121rb, punya saya generik cuma 8rb, murah tapi kualitas = paten.

    • Siang juga buka, kalo ga salah di jadwal RS siang itu khusus Skincare. Untuk waktu kapan bisa tanya RS.

      Untuk klinik sendiri juga ada di Jl. Cipto. Cuma tepatnya dmn saya kurang tau.

    • Sama aja bu, mau ke RS / skincare selama dokter praktek akan dilayani apapun keluhannya, apakah mengenai skincare / penyakit kulit.

    • Saya lupa ya berapa tepatnya karena waktu itu ditanggung asuransi. Tapi tidak akan lebih dari 150rb bisa 90rb, 100rb, 110rb, 120rb, 130rb, dst.

  1. Ada di apotik dpn CSB mall saya pasien dr satuti jdi lumayan tau jadwalmy….disitu sore adanya dokternya tp kalo perawatan dan beli creamnya dr pgi sampai malam

  2. Dr retno ada d apotik prima sejati sbelah pom bensin persis jl.cipto ,kalo d apotik prima sejati dari jam 5-setengah 7
    Slain d rs putera bahagia jga praktek d rs permata jl.tuparev.

  3. Bener banget.. dr. Retno itu ramah sekali, dan komunikatif. Jarang ketemu dokter seperti beliau. Fyi, selain di rs putera bahagia beliau juga praktek di rs permata jl tuparev (pagi jam 08.00) dan di apotek di jl. Cipto (prima kl gak salah namanya, di parkirannya ada gerobang somay dan batagor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.